Tips Cara Mencegah Dan Mengatasi Serangan Penyakit Terhadap Kambing

Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Cacingan Pada, Mengenal dan cara menangani penyakit pada ternak kambing, Cara Mencegah Dan Mengatasi Penyakit Kambing - Hewan
Cara Pencegahan Penyakit Pada Kambing

Tips Mencegah Serta Mengatasi Penyakit Pada Kambing – Ada beberapa macam jenis-jenis penyakit yang sudah biasa di alami sama hewan seperti kambing di petenakan, dan buat mempermudah untuk menangani penyakit pada kambing tersebut, alangkah baiknya anda terlebih dahulu kenali jenis-jenis penyakit apa saja yang timbul pada kambing ternak anda supaya pemberian penanganan yang tak tepat akan mengakibatkan pada kematian.

Dan berikut ini adalah beberapa macam jenis penyakit yang sering timbul pada hewan ternak seperti kambing tersebut yang sangat begitu berbahaya jika tak segera ditangani. Simak selengkapnya:

1. Kembung (Bloating)

– Penyakit seperti ini bisa disebabkan oleh asupan makanan yang terlalu basah atau juga rumput yang sangat basah, adapun ciri-cirinya serta gejala dari penyakit tersebut yakni apabila perut kambing tersebut diraba akan terlihat begitu kesakitan dan juga akan terlihat kembung, dan ketika kambing tersebut berbaring dia akan mendapatkan kesulitan buat berdiri lagi, dan untuk yang terakhir kambing yang sedang mengalami kembung tersebut akan sangat susah untuk buang air besar.

2. Cacingan

Jenis penyakit seperti ini bisa disebabkan dari parasit internal pencernaan kambing tersebut yang tidak berjalan normal dan tentunya penyakit ini paling banyak atau juga paling sering banget terjadi terhadap hewan ternak seperti kambing ini, dan gejala cacingan tersebut seperti kusam, tidak nafsu makan, diare, perut buncit dan juga lesu. Cara mengatasinya ialah dengan memberikan obat cacing yang teratur.

3. Scabies

– Ciri-ciri jenis penyakit yang akan timbul seperti ini ialah si kambing akan terlihat bercak warnamerah di bagian kulitnya, lalu tubunya akan bersisik dan juga gatal-gatal, kemudian kambing tersebut akan terlihat kurus sekali. Cara mengatasinya ialah dengan menjaga kebersihan pada kandangnya serta kambingnya juga dengan cara mencukur bulu-bulunya yang tebal.

4. Pink Eye

– Jenis penyakit seperti ini umumnya dikarenakan mata kambing tersebut terkena sentuhan benda-benda yang tajam seperti ujung rumput dan juga ujung kayu. Adapun ciri-cirinya yang dapat kita lihat seperti matanya akan terlihat selalu berair, dan terlihat kemerahan di matanya, lalu dibagian matanya akan kelihatan membengkak dan yang terakhir ia selalu menghindari dari cahaya matahari. Kalau penyakit ini anda biarkan hingga parah, maka hal itu bisa menimbulkan kebutaan permanen, dan penyakit ini adalah penyakit menular. cara mengatasinya ialah dengan memberikannya salep khusus dimatanya secara rutin hingga sembuh total.

5. Orfatau Dakangan

– Penyakit seperti ini disebabkan dari pakan yang berdebu atau juga yang berbulu, ciri-cirinya ialah di area mulut kambing akan kelihatan kerempong hitam serta terdapat sebuah benjolan. Cara mengatasinya ialah memberikannya sebuah obat antibiotik yang khusus.

6. Antraks

– Gejala yang akan ditimbulkan dari penyakit ini diantaranya demam disertai tubuh yang bergetar, badanya akan penuh dengan benjolan, bisa mengganggu pencernaan, akan mengeluarkan darah dari hidung, telinga, anus, alat vital serta mulut, dan yang terakhir pembengkakan pada kelenjar dada.

7. Penyakit Mulut Dan Kuku

– Penyakit jenis ini akan menularkan dari air kencingnya dan juga kotorannya, dan berikut ciri-cirinya seperti demam, nafsu makanannya akan berkurang, akan mengeluarkan air liur dimulutnya dengan berlebihan serta rongga mulut dan juga lidahnya akan melepuh. cara mengantisipasinya ialah pisahkan kambing yang sudah terjangkit penyakit tersebut dan anda harus menjaga mengenai kebersihan pada kandangnya.

8. Mastitis

– Jenis penyakit yang satu ini sering kali menyerang kambing perah, soalnya penyakit tersebut menyerang di area puting dan kerugian yang diakibatkan oleh penyakit ini ialah bisa mengurangi jumlah produksi susunya. Selain itu, kualitas susunya akan kurang bagus buat anaknya. Cara menanggulanginya ialah memberikan obat antibiotik seperti intra-mammary.

9. Radang Kuku

– Radang kuku ini bisa disebabkan oleh injakan kaki terhadap air sehingga kami sarankan dalam pembuatan rumah kambing tersebut diusahakan supaya kaki si kambing tak bisa menyentuh tanah, dan gejala dari penyakit ini diantaranya kukunya akan membengkak, timbul benjolan, kulit kukunya akan mengelupas dan kakinya akan terlihat pincang dan tentunya hal ini akan berujung pada kelumpuhan. Cara mengatasinya adalah membersih area tersebut dengan memakai alkohol  yang rutin serta jagalah kebersihan pada kandangnya setiap saat.

Demikianlah ulasan Tips Mencegah Serta Mengatasi Penyakit Pada Kambing. Jadi, jika anda benar-benar memiliki hewan ternak kambing anda seperti itu maka anda sebaiknya mencoba memulainya dari detik ini, terima kasih banyak.

Advertisements

One thought on “Tips Cara Mencegah Dan Mengatasi Serangan Penyakit Terhadap Kambing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s